PMK EKKLESIA

PERSEKUTUAN MAHASISWA KRISTEN EKKLESIA FAFET UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Jujur dan Tulus – Persekutuan Doa

10 - 01 - 2015 admin Berita

Persekutuan Mahasiswa Kristen Ekkelsia Fakultas Peternakan Unversitas Brawijaya telah melaksanakan Persekutuan Doa pada Jumat (29/04/2022). Doma dilakukan pukul 11:00 dengan pembicara Herly Ndahwati yang bertemakan “Jujur dan Tulus” serta berdasar pada Roma 8:37-39. Arti jujur yaitu lurus hati, tidak berbohong (berkata apa adanya), tidak curang (mengikuti aturan yang berlaku), tulus ikhlas. Sedangkan Tulus yaitu sungguh dan bersih hati (benar-benar keluar dari hati yang suci); jujur, tidak pura-pura, tidak serong, tulus hati, tulus ikhlas.

Berbagai kesulitan hidup seringkali membuat kita mudah jatuh ke dalam ketidakjujuran. Ketakutan akan hari depan dan sifat tidak pernah merasa puas seringkali membuat kita tergoda untuk mengambil jalan pintas. Melakukan kebohongan dengan mudah dan dijadikan sebagai  pembenaran. Marilah kita ingat bahwa segala sesuatu itu berasal dari Tuhan. Kita tidak perlu khawatir berlebihan akan hari depan sehingga kita tergoda untuk melakukan tindakan-tindakan ketidakjujuran. Kita tidak perlu iri melihat orang lain, dan harus bisa belajar untuk mendahulukan kepentingan orang lain ketimbang kepentingan diri sendiri.

Pada ayat 22 Paulus memberikan arahan bagi “hamba-hamba” (doulos): seseorang yang berada di bawah perintah orang lain, memiliki kewajiban melayani orang lain. Orang yang wajib bersikap tunduk/patuh namun juga bisa disingkirkan/dimusnahkan dalam sekejap karena dianggap sebagai barang, bukan manusia. Posisinya abadi, tak ada pilihan lain sebab “barang tidak berhak memilih.

Diharapkan setiap anggota PMK Ekklesia tidak khawatir akan hari depan, bisa belajar mendahulukan kepentingan orang lain ketimbang diri sendiri, karna Tuhan menyediakan berkat bagi orang yang hidup dengan ketulusan, kejujuran dan kemurnian hati.